Jangan Abaikan!!! Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri…

Pasti sering kita mendengar orang orang tua memperingatkan agar kita tidak berdiri ketika makan dan minum katanya tidak elok khususnya untuk para wanita, terutama bagi gadis remaja putri. Ternyata peringatan itu bukan hanya sekedar teguran saja, atau tradisi untuk menunjukkan kesopanan akan tetapi dalam medis dan juga dalam agama islam ada penjelasan untuk membenarkan betapa Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri….

Awas bahaya minum air putih sambil berdiri, berikut ini akan dijelaskan secara ilmiah dan juga dari sisi agama islam.

Analisa medis Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri…

Akibat makan dan minum sambil berdiri menurut islam dan ilmiah. Menurut para ahli disamping karena alasan menjaga kesopanan ternyata secara kesehatan melakukan aktifitas makan dan minum dengan berdiri memang tidak sehat. Makan dan minum sambil duduk terbukti lebih menyehatkan, mengapa demikian???

 

Penjelasan pertama ttg Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri  : Ternyata didalam tubuh kita ada sebuah alat untuk menyaring semua makanan dan minuman yang kita konsumsi, alat itu dikenal dengan nama sfringer yaitu suatu struktur maskuler yang bisa menutup dan membuka secara otomatis. Alat ini hanya membuka ketika posisi kita sedang duduk dan secara otomatis kembali menutup ketika kita berdiri. Maka jika kita minum sambil berdiri maka filter tersebut akan tertutup otomatis sehingga air yang kita minum akan langsung diteruskan ke dalam kandung kemih tanpa terjadi proses penyaringan terlebih dahulu. Jika hal ini dibiarkan maka lama kelamaan ginjal kita akan mengalami masalah.

mengapa-makan-dan-minum-sambil-berdiri-sangat-berbahayaPenjelasan kedua ttg Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri : Ketika seseorang sedang berdiri, teryata dia dalam kondisi tegang. Yaitu sebuah kondisi dimana pusat saraf bekerja keras untuk membuat semua otot dalaam tubuhnya mampu berdiri dengan seimbang. Beda halny jika kita duduk santai maka secara otomatis syaraf syaraf juga dalam kondisi santai, tenang dan rileks. hal ini membuat sistem pencernakan dalam tubuh kita pun siap menerima makanan dan minuman yang datang.

Penjelasan ketiga ttg bahaya makan sambil berjalan : Akibat lain dari kebiasaan itu adalah adanya refleksi pada saraf. Hal ini terjadi karena adanya reaksi saraf kelana. yaitu saraf otak kesepuluh yang berada di lapisan endotel yang terdapat pada usus. JIka pada bagian ini sering terjadi refleksi yang keras dan mendadak maka berpotensi terjadi disfungsi saraf yang berbahaya. Efeknya bisa mengakibatkan pingsan bahkan kematian mendadak.

Efek buruk dari kebiasaan makan dan minum sambil berdiri memang tidak serta merta terjadi cepat. Tapi jika kita sudah mendapatkan informasi ini tentunya akan mengubah kebiasaan itu demi panjang umur dan hidup sehat. manfaat minum air putih sambil duduk, Seperti kita ketahui bahwa fakta menyebutkan jika 90% masalah lambung adalah pada tempat yang langsung bersentuhan dengan minuman dan makanan yang masuk kedalam tubuh utamanya usus.

Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri Menurut islam

Bahayanya Makan dan Minum Sambil Berdiri– Pada sunnah Rasulullah selalu ada mukjizat dan manfaat bagi manusia dan dipastikan tidak ada yang merugi. Inilah Alasan Mengapa Rasulullah Melarang Minum Sambil Berdiri dan menganjurkan kepada kita kaumnya untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dalam posisi duduk.

Disebutkan dalam sebuah hadist bahwa “Janganlah kamu minum sambil berdiri”
Hadist yang Rasul keluarkan bukan hanya isapan jempol belaka. Termasuk hadist ini. Dalam segi kesehatan,anjuran ini terbukti kebenarannya.

Kemudian pernah Diriwayatkan ketika Rasulullah s.a.w. dirumah Aisyah r.a. sedang makan daging yang dikeringkan diatas talam sambil duduk. Tiba-tiba masuk seorang perempuan yang  sinis. Ia  melihat Rasulullahs.a.w. duduk kemudian berkata: “Lihatlah orang itu duduk seperti budak.”

Inilah jawaban Rasulullah s.a.w.: “Saya seorang hamba, maka duduk seperti duduk budak dan makan seperti makan budak.” Lalu Rasulullahs.a.w. mempersilakan wanita itu untuk makan. Adapun duduk bertelekan (bersandar kepada sesuatu) telah dilarang oleh Rasulullah sebagaimana sabdanya, “SesungguhnyaAku tidak makan secara bertelekan” (HR Bukhari).

Dalam hadis yang lainnya. Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda, Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”.
(HR.Muslim dan Turmidzi)

Bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

Dengan informasi diatas tentunya membuka mata kita lebar lebar jika makan dan minum sambil berdiri sangat tidak bermanfaat dan malah akan mengganggu kesehatan kita. Untuk itulah jika kita masih melakukannya maka sebaiknya kita memulai mengubah kebiasaan buruk itu. Biasakanlah selalu minum sambil duduk, ingat jangan sambil berdiri. Dan Biasakan juga memperbanyak minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan.

Manfaat minum sambil duduk- Dalam agama Islam berperilaku apapun semua sudah di contohkan oleh Rasulullah termasuk adab dalam makan dan minum, jika makan dan minum sambil berdiri ini dilarang, maka jelas akan sangat tidak baik pengaruhnya terhadapjiwa kita karena erat hubungannya dengan masalah kesehatan.
Jadi bisa kita simpulkan baik secara medis, tradisi dan dari sisi agama posisi minum air putih yang baik adalah sambil duduk.

FIFORLIF ONLINE STORE “DIET SEHAT DAN AMAN” SILAKAN KLIK DISINI!!
CEPAT-KURUS-LANGSING-7-HARIkonsultasi-fiforlif catarasi

SUKA DENGAN ARTIKEL INI ?SILAKAN BANTU "LIKE " & "SHARE" KE FACEBOOK /TWITTER /GPLUS ANDA

Comments

comments

Leave a Reply

error: Mohon Jangan Di copy :)