Resep Camilan Murah dan Enak – Resep Singkong Thailand

Tahukah anda jika singkong juga merupakan sumber karbohidrat selain beras/ nasi,  Singkong termasuk jenis bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis cemilan spt gethuk, keripik singkong, dan tape singkong. Singkong memiliki kandungan  karbohidrat dan tinggi kalori. Mengandung banyak Mineral-mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti seng, magnesium, tembaga, dan besi.

Fakta lainnya adalah bahwa ternyata mengkonsumsi Singkong  lebih baik dibanding dengan nasi, karena singkong memiliki sifat antikanker,antitumor dan meningkatkan nafsu makan. sangat cocok untuk penderita diabetes daripada nasi putih. dan juga Singkong dapat membantu untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit, seperti sakit kepala,rematik, diare,cacingan pada anak, dan dapat meningkatkan stamina yang loyo karena kandungan kalorinya.

Meskipun demikian perlu dipastikan untuk memilih jenis singkong yang baik yang akan kita olah.

Cara memilih singkong yang baik adalah warna singkong yang putih bersih setelah dikupas, tanpa adanya warna kekuningan, ataupun berwarna kebiruan. Tanda warna kekuningan atau kebiruan berarti bahwa  singkong sudah terlalu lama disimpan. Zat yang menyebabkan warna kebiruan atau kekuningan adalah enzim poliphenolase yang bersifat racun.

Kalau Anda membeli singkong, tanda singkong yang masih baru adalah dari tanah basah yang menempel pada singkong tersebut…..

Resep Camilan Murah dan Enak – Resep Singkong Thailand. BErikut ini akan kita bagikan resep singkong yang dimasak dengan santan, rasanya dijamin maknyuss……..

Bahan membuat Resep Singkong Thailand antara lain :

  • 1 kg singkong.
  • 250 gr gula pasir
  • 250 ml air jeruk manis
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 sendok teh garam

resep singkong thailand enak

>resep-singkong-thailand-enakBahan untuk Membuat Saus Santan:

  • 200 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan sedikit air.

Cara Membuat Resep Singkong Thailand:

  1. Kupas singkong hingga bersih. kemudian dicuci sampai berwarna putih bersih.
  2. Singkong kemudian di Potong-potong ukuran sedang , lanjutkan dengan merendam dengan air jeruk selama 1/2 jam.
  3. Masak air terlebih dahulu. Setelah mendidih, masukkan singkong, gula pasir, daun jeruk purut, dan daun pandan.
  4. Masak terus dan aduk perlahan sampai air mengental dan terserap ke dalam singkong. Pastikan air yang tersisa tinggal sedikit supaya singkong menjadi lembut dan manis.
  5. Pada proses ini, gula akan sedikit membentuk karamel dan membuat singkong terlihat lebih kuning.
  6. Membuat Saus Santannya: Rebus santan dan garam dengan api sedang. Aduk perlahan hingga mendidih. Aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan larutan maizena supaya saus menjadi lebih kental.

Akhirnya Resep Singkong Thailand selesai sudah dan siap untuk dihidangkan, Tata singkong dalam piring atau mangkuk, kemudian siram dengan saus santan. Bila ingin menambah rasa tambahkan sedikit taburan wijen atau parutan keju . Jangan khawatir, ternyata Resep Singkong Thailand juga oke dimakan saat sudah dingin lho……..

Silakan mencobanya, dijamin pasti puas. Resep Camilan Murah dan Enak lainnnya bisa dicoba juga ya bunda…………

Leave a Reply